Bolehkah Menikah Tanpa Restu Orang Tua?


Pertanyaan:

Assalam muallaikum,,ustad q mAu tanya,,q pnya calon istri dia sangat. Sayang ma q,,tp ayah. Ibunya n saudAranya g stuju trus calon q nurut ma meReka tp. Terpaksa,,jd gmn mnurut ustad,boleh. G q ajak Dia nikah tanpa restu. Kdua orang tuA gadis itu,,

Jawaban:

wa’alaikumusslam warahmatullahi wabarakatuh, dilihat alasan kenapa orang tuanya melarangnya, jika orang tua melarangnya karena alasan yang dibenarkan oleh syariat islam maka ini adalah bentuk dari tanggung jawab orang tua kepada anaknya beginilah seharusnya sikap orang tua, misalnya melarang anaknya menikah dengan sesorang yang tidak menegrjakan shalat atau tidak puasa dibulan ramadhan dll. Adpun jika larangannya bukan karena perkara yang dibenarkan oleh syriat islam padahal calonnya seorang yang shalih maka jika seperti ini lakukan pendekatan yang baik dengan orang tuanya disamping banyak doa kepada Allah.

Lakukan cara2 yang dibenarkan oleh syariat ketika kita ingin mencari pendamping hidup adalah bentuk ketaatan kepada Allah dan langkah menuju kebahgian dunia dan akhirat.

Sumber: http://nikahmudayuk.wordpress.com/2010/09/20/aku-dan-sebuah-realita-wanita-yang-dihalangi-untuk-menikah/

Artikel Lainnya:
About these ads