Gejala dan Pertolongan Pertama EPILEPSI pada Anak


Seorang anak perempuan, usia 9 tahun dibawa oleh orang tuanya ke UGD  RS Muhammadiyah Babat dengan pandangan kosong. Beberapa menit kemudian mulut dan otot-otot wajahnya bergerak-gerak sekitar 5 menit. Kemudian tertidur.

Anak  dengan tampilan klinis seperti ini dapat dikatakan sebagai penderita epilepsy tipe Absence atau Petit Mal

Klasifikasi Epilepsi

klasifikasi epilepsi

Faktor genetik

Penyakit epilepsi dapat diturunkan melalui  system genetic. Seorang anak yang menderita kelainan ini biasanya didapatkan riwayat penyakit kejang pada keluarganya seperti kakaknya, pamannya dan sebagainya.

Ada kode-kode gen tertentu yang mewariskan kelainan ini. Gen-gen tersebut menyebabkan kelainan pada membrane sel syaraf yang disebut “Chanellophaty”, artinya kelainan pada saluran ion. Bisa pada saluran Na+ atau saluran K+ tergantung dari jenis epilepsinya. Berikut ini adalah daftar kode gen dan kelainan saluran ionnya.

daftar channellophaty

Diambil dari buku “Harrison’s Internal Medicine edisi 16 halaman: 2339

Pemicu Epilepsi

Epilepsy disebabkan oleh peningkatan eksitasi pada sejumlah besar sel syaraf di otak secara spontan  dan tersinkronisasi. Hasil dari eksitasi ini dapat lokal atau general. Sedangkan tipe absence adalah termasuk yang general.

Pemicu dari eksitasi ini bermacam-macam seperti demam, gangguan elektrolit, hipoksia, tumor, radang, keracunan dan lain-lain.

Keadaan seperti ini diduga menghambat sistem inhibisi GABA. Secara normal sistem inhibisi GABA menghambat pengaktifan saluran ion setelah proses potensial aksi. Pada epiepsi sistem ini tidak bekerja sehingga terjadi eksitasi potensial aksi yang spontan dan terus-menerus.

Gambar receptor GABA.

Penegakan Diagnosis

Diagnosis penyakit ini ditegakkan dengan temuan klinis seperti di atas ditambah riwayat berulangnya kejadian serupa sedikitnya 2 kali dalam setahun.

Anak tersebut dianjurkan untuk pemeriksaan EEG (Elektro Ensefalo Grafi). Gambaran hasil dari epilepsi tipe absence adalah seperti di bawah ini:

gelombang EEG

Pengobatan

Obat pilihan untuk epilepsi tipe absence adalah Asam Valproat.

Kalau tidak ada maka bisa menggunakan Lamotrigin. Kalau tidak ada bisa Etosuksimid.

Pertolongan pertama

Jika terjadi kejadian serupa maka tindakan orang tua di rumah adalah berikut ini:

  1. Tetap tenang dan tidak panik
  2. Kendorkan pakaian, terutama di sekitar leher
  3. Bila tidak sadar, posisikan anak terlentang dengan kepala miring. Bersihkan muntahan atau lendir di mulut atau hidung. Jangan memasukkan sesuatu ke dalam mulut
  4. Ukur suhu, observasi dan catat lama dan bentuk kelainan
  5. Tetap bersama pasien selama epilepsi
  6. Bawa ke dokter atau rumah sakit bila disertai kelainan lain seperti muka biru, tersedak atau epilepsi terlalu lama.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Amien.

Sumber: http://sulaifi.wordpress.com/2009/12/28/anak-dengan-pandangan-kosong-hati-hati-epilepsi/

 

Artikel Terkait:

About these ads