Revisi: Tanya Jawab Masalah Haid dan Istihadhah Bersama Ustadz Abu Muawiyah


  1. Pertanyaan:

Saya punya permasalahan.

Setelah melahirkan, haid saya jd agak aneh…
Dahulu sebelum melahirkan, saya haid hanya sampai 7 hari. Tapi setelah melahirkan haid menjadi lebih lama, bisa sampai 12 hari. sudah 9 hari…eh keluar drah lagi sedikit…hingga hilang bercak pd hari ke 12.

Nah sekarang saya masih bingung…
Kemarin saya masih haid, tiba2 malam berhenti dan ada bercak sedikit..
Biasanya kalau mau berhenti haid beberapa hari muncul bercak yg semakin lama semakin sedikit hingga hilang…sampai muncul cairan putih…

Nah, kemarin msh keluar darah dan sudah hari ke 6, tiba2 berhenti…tadi saya temui ada setitik noda coklat…
Apakah saya boleh sholat dan puasa? Kebetulan tadi saya belum makan & minum smp siang…

Terus terang ini membuat saya jadi bingung karena dalam keadaan keragu-raguan yg amat sangat…
Boleh sholat apa nggak…boleh apa nggak…
Akhirnya td saya mandi besar & sholat Ashar.

Tolong diberikan penjelasan yg sejelas2nya…
Karena haid ini kadang membingungkan…

Jawaban:

Yang jelas, kapan darah yang keluar itu (walaupun bercak) masih mempunyai ciri-ciri darah haid yang telah kami sebutkan, dan juga tanda suci (cairan putih) belum keluar maka dia masih dianggap haid yang tidak boleh shalat dan berpuasa. Wallahu a’lam.

  1. Pertanyaan:

Asslamu alaikum wr. wb

Saya punya masalah tetang darah haid,,,
sudah sekitar 2 bulan ini saya haid tetapi warna darahnya berbeda, darah yang keluar warnanya merah cerah tidak tidak hitam /pun merah ati pokonya tidak seperti darah haid sebelumnya,,,,dan masa keluarnya kurang dari 7 hari, tetapi saya kl sedang keluar seperti itu saya tidak menjalankan sholat,,, apakah tindakan saya ini salah?

miftahul janah

Jawaban:

Waalaikumussalam warahmatullah.
Selama waktu datang haid bulanan (adat haid) masih normal dan masih waktunya seperti bulan-bulan sebelumnya, maka dikembalikan saja kepada adat haidnya. Karenanya pertanyaan di atas kurang lengkap tanpa penyebutan adat haidnya.
Semua darah yang keluar sebelum dan setelah adat haid bukanlah haid, apapun warna dan baunya, sehingga dia tetap wajib shalat. Dan pada masa adat haid itu anda dihukumi haid apapun warna darah yang keluar, bahkan walaupun tidak keluar darah selama tanda suci belum terlihat. Wallahu a’lam.

  1. Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr.wb
Sejak saya memasang IUD 2,5 bulan lalu hampir setiap hari saya mengeluarkan kadang flek coklat tua, seringnya darah kadang merah segar kadang hitam pekat. Selama 2,5 bulan tersebut, saya tetep sholat kecuali pada tanggal saya dapat haid seperti biasanya dulu (sebelum pasang IUD). Namun lama haid saya jadi berubah, dulu hanya 7 hari, sekarang jadi 9 atau 10 hari. Trus kadang dalam masa istihadhoh, saya menjumpai darah yang keluar adalah darah hitam seperti haid dan deras, namun karena di luar ada, saya tetap sholat. Mohon pencerahan, bagaimana seharusnya? apakah tindakan saya salah? terima kasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

evi

Jawaban:

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Apa yang anti lakukan sudah benar insya Allah. Hanya saja perlu diketahui bahwa adat dihukumi berubah jika perubahan itu sudah terjadi 3 bulan berturut-turut. Misalnya adatnya 7 hari, lalu bulan depan menjadi 9 atau 10 hari dan maka pada bulan itu dia masih memakai adat yang 7 hari. Jika bulan depannya masih 9 atau 10 hari maka dia tetap berpatokan pada 7 hari. Jika bulan depannya masih 9 atau 10 hari maka mulai saat itu dihukumi adatnya telah berubah menjadi 9 atau 10 hari dan menjadikan 9 atau 10 hari ini menjadi patokan.
Adapun darah yang keluar deras berwarna hitam (seperti haid) di luar masa adat, maka sebagian ulama menamakannya dengan darah kotor, yang dia bukan najis dan tetap wajib mengerjakan shalat. Wallahu a’lam.

  1. Pertanyaan:

Jika darah keluar selama 6 hari,lalu 5hr kemudian keluar darah lagi, maka yang mana disebut sbg darah haid/istihadhah?

Jawaban:

Dalam hal ini butuh diketahui berapa adat kebiasaan haidnya, dan apa ciri darah yang keluar 5 hari kemudian.

  1. Pertanyaan:

saya difahamkan bahawa tempoh darah haid antara sehari semalam hingga ke 15 hari dan selebihnya waktu suci.namun perlu mengikut kebiasaan wanita tersebut berapa harikah biasanya dia mengalami haid.untuk kepastian,sekiranya wanita tersebut mengalami haid dalam masa 5 hari seperti kebiasaan, dan dia mandi dan bersuci.3 hari kemudian dia keluar darah selama sehari penuh kemudian berhenti kemudian keluar lagi.begitulah tidak tetapnya darah tersebut keluar sehingga sukar dibezakan.wanita tersebut dikira haidh pada hari kebiasaannya dan istihadah pada hari yang lain dan beribadah seperti biasa.betulkah begitu,ustaz?
terima kasih.

hannan

Jawaban:

Yang dihukumi darah haid hanyalah darah yang keluar saat adat masa haidnya, yaitu ke-5 hari itu. Adapun sebelum dan sesudahnya maka tidak dihukumi darah haid.

  1. Pertanyaan:

jika kebiasaan haid 6/7 hari, tapi setelah 7 hari tsb keluar darah lagi dgn ciri2 hitam, kental dan berbau,apakah darah yg keluar stelah 7 hari itu termasuk istihadhah atau haid?
terima kasih.

indry

Jawaban:

Yang menjadi darah haid hanyalah yang keluar pada 6/7 hari itu. Adapun setelahnya dihukumi darah kotor.

  1. Pertanyaan:

Aswb, afwan ustadz ada yang mengatakan bahwa jika wanita yang terkena istihadhah hendak shalat maka wajib mandi sebelumnya dan shalatnya dijama’. Kalo boleh tau sumber yang berpendapat demikian darimana?Kemudian yang paling shahih mengenai darah tersebut gimana? Kalo bisa dengan dalilnya ustadz. Jazakallah

Abidatullah

Jawaban:

Pendapat ini diriwayatkan dari Ali, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Ibnu Az-Zubair, dan Atha’, dan ini juga adalah pendapat Ibnu Hazm. Beliau mewajibkan mandi setiap mau shalat berdasarkan hadits Ummu Habibah bintu Jahsy riwayat Abu Daud (1/205) bahwa tatkala dia terkena istihadhah, Nabi r memerintahkan dia untuk mandi setiap kali mau shalat. Akan tetapi ini adalah hadits yang lemah karena bertentangan dengan riwayat Al-Bukhari (1/84) dan Muslim (1/262) pada kisah yang sama dimana disebutkan dalam hadits itu bahwa mandinya Ummu Habibah setiap kali shalat hanyalah atas inisiatifnya sendiri, bukan perintah dari Nabi r, sebagaimana yang dikatakan oleh Asy-Syafi’i dan Asy-Syaukani. Lihat Al-Majmu’ (2/536) dan Sailul Jarrar (1/149).

Adapun Ibnu Hazm mengharuskan menjama’ berdasarkan hadits Asma’ bintu Umais riwayat Abu Daud (1/207) dimana di dalamnya disebutkan perintah Nabi r untuk menjamak zuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya.

Akan tetapi kedua dalil yang diutarakan oleh Ibnu Hazm di atas adalah dalil yang lemah, dinyatakan lemah oleh Al-Baihaqi, An-Nawawi, Asy-Syaukani, dan selainnya. Lihat Al-Majmu’ (2/536) dan Sailul Jarrar (1/149)

Masih ada lima pendapat lainnya berkenaan thaharah bagi wanita yang terkena istihadhah, tapi yang kuat adalah pendapat yang menyatakan tidak ada kewajiban mandi baginya kecuali mandi suci dari haid atau mandi junub. Ini adalah pendapat Asy-Syafi’iyah, dan juga pendapat Urwah bin Az-Zubair, Sufyan Ats-Tsauri, dan Abu Tsaur, dalilnya karena darah istihadhah bukanlah najis sehingga tidak perlu adanya thaharah *kecuali kalau sekedar mandi untuk bersih-bersih biasa*, dan juga mewajibkan untuk mandi setiap kali shalat adalah amalan yang memberatkan, wallahu a’lam, dan juga berdasarkan hukum asal bahwa seseorang tidak dibebani apa-apa kecuali dengan dalil yang shahih, karenanya siapa yang mau mewajibkan s
esuatu atas wanita yang terkena istihadhah maka hendaknya dia mendatangkan dalil yang shahih lagi tegas, dan dia tidak akan mendapatkannya, wallahu a’lam.

  1. Pertanyaan:

saya punya kebiasaan waktu haid yang tidak beraturan, namun terakhir ini saya haid dari awal bulan tetapi tidak beraturan sehari keluar darah, sehari tidak, hingga akhir bulan.

ani

Jawaban:

Yang dia jadikan patokan adalah waktu kebiasaan haid sebelum haidnya tidak beraturan seperti itu. Dia teranggap haid pada waktu itu walaupun darah tidak keluar, dan dia tidaklah haid sebelum dan setelah waktu itu walaupun ada darah yang keluar, wallahu a’lam.

  1. Pertanyaan:

Afwan ustad saya mau nanya. Selama seminggu saya haid,tapi saya lupa kapan mulainya. Terus pada bulan yang sama sekarang saya keluar darah, ciri2nya: darahnya langsung banyak, tipis, merah dan tidak ada baunya. Menurut ustad itu darah haid atau darah istihadhah?

Nurma

Jawaban:

Dari ciri-cirinya itu darah istihadhah, lagi pula sudah dikatakan kalau bulan itu darah haidnya sudah keluar. Wallahu a’lam

  1. Pertanyaan:

Bismillah, assalamu’alaikum.
Ustadz apabila darah keluar sehari setelah haidh yang dikira darah haidh, lalu meninggalkan shalat, setelah yakin itu bukan darah haidh karena sudah 3 hari lepas dari kebiasaan haidh, apakah wajib menqadha shalat yang tertinggal?
jazakumullahu khoir

Zakiyah

Jawaban:

Waalaikumussalam warahmatullah
Ana nggak paham, di atas disebutkan keluarnya darah sehari setelah haid, lalu setelahnya disebutkan sudah 3 hari setelah selesainya masa haid.
Yang jelas, selama masa kebiasaan haidnya masih bagus maka itu yang dia jadikan patokan. Jika setelah berlalunya masa haid lalu masih ada darah yang keluar (walaupun ciri-cirinya haid) maka dia tetap tidak terhitung haid. Jika dia meninggalkan shalat karena ragu-ragu, padahal masa haidnya telah berlalu, maka yang nampak -wallahu a’lam- dia harus mengqadha` shalat yang dia tinggalkan tersebut.

  1. Pertanyaan:

Asslm. ust mf mo nya kalo seorang wanita ikut KB suntik trus haidnya hampir 1 bln apakah termasuk haid atau istiadhah bagaimana membedakannya atau ada gejala lainnya selain dari itu. trims Wsslm.

Haryanti

Jawaban:

Dia berpatokan pada jadwal rutin haidnya sebelum ikut KB suntik, yakni ketika haidnya masih normal. Darah yang keluar sebelum dan setelah masa jadwa haid normalnya, bukanlah darah haid. Akan tetapi dia dihukumi istihadhah atau darah kotor yang bukan najis dan tetap wajib mengerjakan shalat.

  1. Pertanyaan:

Assamu’alaiku Wr.Wb
saya punya kebiasaan haid 7 hari tiap bulan, pada bulan selanjutnya saya haid selama 7 hari kemuadian hari ke enambelas saya keluar darah dan ciri cirnya sama seperti darah haid selama selama 7 hari.menurut ustadz itu darah haid apa darah istihadhah?

intan

Jawaban:

Waalaikumussalam warahmatullah
Itu bukanlah darah haid karena dia keluar setelah masa adat haid, karenanya dia tetap harus mengerjaklan shalat. Adapun namanya, maka sebagian ulama menamakannya dengan darah kotor. Dia bukan darah istihadhah karena istihadhah warnanya merah. Wallahu a’lam

Sumber:

http://al-atsariyyah.com/?p=791&cpage=1#comment-729

http://al-atsariyyah.com/?p=764&cpage=1#comment-718

Artikel yang berkaitan dengan ini:

http://ummfulanah.wordpress.com/2009/08/14/berbagai-macam-kejadian-haid/

http://hanif019.wordpress.com/2008/10/21/perbedaan-darah-haid-nifas-dan-istihadhah/

Ceramah yang berkaitan dengan ini:

05 Permasalahan Haid.mp3

06 Permasalahan Haid.mp3

11 Permasalahan Haid Pada Wanita.mp3

12 Permasalahan Haid Pada Wanita.mp3

Sumber: http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/download-center/

Note:

Kepada pengunjung diharapkan membaca terlebih dahulu artikel terkait dan mendengarkan ceramahnya karena ana sendiri bukan ustadz/ustadzah yang bisa menjawab pertanyaan yang masuk melalui blog ini. Jika setelah membaca maupun mendengarkan ceramah masih ada yang belum mengerti silahkan bertanya langsung ke ustadz melalui situs-situs berikut ini:

Al-Ustadz Abu Mu’awiyah Hammad (http://al-atsariyyah.com)

Al-Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray (http://nasihatonline.wordpress.com)

Al-Ustadz Abu Abdirrahman ‘Amr bin Suroif (http://madrasahalajurumiyah.wordpress.com dan http://luv-truelove.blogspot.com)

Al-Ustadz Abu Muhammad Abdul Mu’thi Al-Maidani (http://alhujjah.wordpress.com)

Al-Ustadz Abu Khaulah Zainal Abidin (http://rumahbe
lajaribnuabbas.wordpress.com/
)

Al-Ustadz Abu Ibrahim Abdullah Al Jakarty (http://tauhiddansyirik.wordpress.com/)

Barokallahu fiik..

 

Artikel Terkait:

80 responses to “Revisi: Tanya Jawab Masalah Haid dan Istihadhah Bersama Ustadz Abu Muawiyah

  1. Untuk pertanyaan dari hannan dan indry, jawaban yang kami berikan waktu itu ketika kami masih berpendapat bahwa ketika adat dan tamyiz (ciri darah) berbeda maka yang didahulukan adalah tamyiz.
    Belakangan kami berpendapat bahwa yang didahulukan adalah adat haidnya. Karenanya:
    Jawaban yang benar untuk hannan: Yang dihukumi darah haid hanyalah darah yang keluar saat adat masa haidnya, yaitu ke-5 hari itu. Adapun sebelum dan sesudahnya maka tidak dihukumi darah haid.
    Jawaban yang benar untuk idry:Yang menjadi darah haid hanyalah yang keluar pada 6/7 hari itu. Adapun setelahnya dihukumi darah kotor.
    Jazakillahu khairal jaza` atas dimuatnya tanya jawab ini.

  2. assalammu’alaikum wr.wb
    nama saya Jamilaa, umur 18 thn,.. tinggi badan :165cm,.. berat badan:50 kg,..
    saya mau tanya,.. saya sampai sekarang belum pernah haid,..
    saya tunggu belum datang juga,.. yang saya tanyakan pengaruh dari apakah yang saya alami ini,..
    apakah pengaruh dari hormon??
    apakah pengaruh dari berat badan??
    atau pengaruh dari yang lain,..???
    terus bagaimana yang harus saya lakukan??
    apakah pernah ada masalah seperti saya ini??
    apakah masih ada harapan untuk bisa haid???
    terima kasih
    wassalam,..

  3. Wa’alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh.

    Berikut jawaban dari dr. Ummu Hana via sms:
    Bismillah..
    Apa sama sekali belum pernah haid?
    Klo iya, harus di cek dulu ke dokter kandungan, bisa jadi hormon normal tapi hymen/selaput daranya tidak bolong, jadi darah haid tidak keluar.
    Dan yang paling sering memang masalah hormonal, biasanya nanti di USG juga.

  4. saya juga bingung dengan masa haid saya, haid saya tidak lancar saya sudah pernah ke dokter dan dikasih obat kalo saya minum obatnya teratur keluar haid cuma kalo di stop maka haid stop juga, cuma saran dokter tidak boleh sering2 pake obat biar haid keluar karena saya ada keturunan haid tidak lancar, kemudian saya juga suka keluar flek yang buat saya bingung saya harus sholat atau enggak karena keluarnya bukan seperti darah haid, warna coklat pekat terkadang hitam tidak berbau dan tidak banyak terkadang keluar terkadang tidak, bisa pagi keluar malem tidak, saya ke dokter kata dokter suruh kurusin badang tinggi 165 berat 80, karena saya takut dengan flek2 di cek normal ga ada masalah, nah yang saya bingung apakah saya masih boleh sholat dan berpuasa kalo dalam keadaan seperti ini??
    catatan : haid saya bisa 4 bulan or 7 bulan sekali baru keluar tanggalnya ga tepat

  5. tanya:
    saya pernah mimpi haid ,masalahnya apakah dengan mimpi itu saya harus mandi besar/ wajib. terimaksih

  6. Hal-Hal Yang Mewajibkan Mandi

    Allah Ta’ala berfirman:
    وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُواْ
    “Dan jika kalian junub maka mandilah.” (QS. Al-Maidah: 6)
    Allah Ta’ala berfirman:
    وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُواْ النِّسَاء فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ
    “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, “Haid itu adalah suatu kotoran (najis)”. Oleh sebab itu hendaklah kalian menjauhkan diri dari wanita di waktu haid. Dan janganlah kalian mendekati (melakukan jima’ dengan) mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah bersuci (mandi), maka datangilah (jima’) mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepada kalian.” (QS. Al-Baqarah: 222)
    Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:
    إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا الْأَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ الْغَسْلُ
    “Jika seseorang (lelaki) duduk di antara empat anggota badannya (wanita), lalu bersungguh-sungguh kepadanya, maka wajib banginya mandi.” (HR. Al-Bukhari no. 291 dan Muslim no. 348)
    Ibnu Daqiq Al-Id menyatakan bahwa makna ‘empat anggota badan wanita’ adalah: Kedua tangan dan kedua kakinya atau kedua kaki dan kedua pahanya.
    Sementara makna bersungguh-sungguh di sini, Ibnu Rajab menyatakan, “Dia adalah ungkapan akan kesungguhnan lelaki memasukkan kemaluannya ke dalam farj wanita.”
    Dalam riwayat Muslim ada tambahan:
    وَإِنْ لَمْ يَنْزِلْ
    “Walaupun dia (mani) tidak keluar.”

    Penjelasan ringkas:
    Ada beberapa perkara yang jika hal itu menimpa seseorang maka wajib atasnya untuk mandi:
    1. Ketika keluar mani dalam keadaan terpencar, baik dalam keadaan terjaga maupun sedang tidur (mimpi basah), baik melalu jalan yang halal (jima’) maupun jalan yang haram (onani, masturbasi, dan perzinahan).
    2. Ketika melakukan jima’, baik ada mani yang keluar maupun tidak ada, baik jima’ yang halal maupun yang haram.
    3. Ketika suci dari haid.
    4. Ketika suci dari nifas.

    Sumber: http://al-atsariyyah.com/?p=1834

  7. saya mengalami siklus haid yg aneh. biasanya setahun hanya 3-4 kali. apakah ini kelainan? jika iya, apa saran untuk saya?

  8. ass,,ustas sya amila umur 20 tahun.sya pux masalah tentang haid saya ustas…dulu umur 18 tahun sya menikah lalu saya memakai suntik kb yang 3 bulan sekali selama kurang lebih 1 tahun lalu saya berhenti menggunakannya krn sya berpisah dengan suami saya.awal bulan perpisahan saya saya telat em lalu sya meminum obat haid lalu saya haid yg sya herankan setelah haid sya tidak pernah berhenti selama 19 bulan ,klu pun berhenti hx 1 atau 2 hari.

    apa ini darah istihadah atau bgmn ustas,,,

    dr amilah

  9. saya 42 tahun, belakangan haidnya tidak teratur lagi kadang 2 kali dalam sebulan, kadang2 1 kali dalam 2 bulan, jadi saya bingung, untuk saat ini saya habis bersih 7 hari setelah haid tapi skarang haid lagi, udah hampir 9 hari belum bersih juga. Saya jadi ragu untuk sholat dan puasa. Atau ini pengaruh dari umur / pra monopous terima kasih P’ Ustat

  10. Untuk Amilah:

    Jika ingin menyampaikan pertanyaan langsung ke ustadz bisa mendatangi situsnya: al-atsariyyah.com
    Ana hanya bisa menyarankan agar diperiksakan ke dr. kandungan. Jika belum ada perubahan, maka hari haid dihitung sebagaimana kebiasaan datangnya haid sebelum meminum obat haid, selainnya dihitung sebagai darah istihadhah. Wallahu A’lam.

  11. Untuk Yuliati:

    Jika ingin menyampaikan pertanyaan langsung ke ustadz bisa mendatangi situsnya: al-atsariyyah.com

    Artikel terkait bisa dibaca di:
    ummfulanah.wordpress.com/2009/08/14/berbagai-macam-kejadian-haid/

    baca juga: hanif019.wordpress.com/2008/10/21/perbedaan-darah-haid-nifas-dan-istihadhah/

  12. assalamu’alaikum wr.wb
    nama saya putri , 15 tahun , saya sudah mengalami haid 2 tahun ini ..
    begini masalahnya,, tiap 1 bulan saya mengalami haid 2x, dan itu rutin .
    haid yang pertama , biasa seperti haid2 pd umumnya , mulai dr bercak kecoklatan , masa berat , hingga berhenti lagi ..selang kira-kira 2 minggu haid ke 2 terjadi ..
    nah , haid yang ke 2 ,, cuma bercak coklat dan hanya kdang2 merah ,, itupun haid nya tidak berat ,,darah coklat nya lumayan banyak ,,apakah ini haid atau terjadi kelainan ?? saya bingung ,, padahal ini jg bulan puasa tp saya ragu untuk melaksanakan ibadah puasa ,, tlong ustadz bagaimana solusi nya ??
    wassalam

  13. @ Putri:

    Wa’alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh.

    Silahkan dibaca dulu artikel di alamat berikut ini:
    hanifatunnisaa.blogsome.com/2010/08/18/perbedaan-antara-darah-haid-istihadhah-dan-darah-nifas/
    Jika masih bingung bisa ditanyakan langsung ke ustadz di situsnya yaitu al-atsariyyah.com
    Atau download kajian/ceramah seputar problematika haid di download center akhwat.web.id atau ilmoe.com

  14. assalamu’alaikum wr.wb
    ustadz saya mau tanya,kapankah amal seorang wanita di catat jika wanita itu sama sekali tidak haid?terimakasih,,,

  15. assalamualaikum wth.
    ini masalah saya.
    saya mengalami haid smpai 9,10 hari, kemudian suci apabila cairan berwarna putih.selang 2,3 hari selepas itu, keluar cairan coklat atau kadang2 hanya kekuningan yg lembut. adakah ini haid? kadang2 kekuningan ini berlarutan lebih 15 hari, tetapi saya akan mandi pada hari 16 dan solat spt biasa. adakah betul tindakan saya?
    kemudian,haid yg berikutnya akan datang awal 2,3hari. contohnya, mula2 haid datang 1 hari bulan, perkiraan saya, pada 29 hari bulan,haid yg berikutnya.tapi haid saya akan datang pada 26 hari bulan. kiranya, tempoh suci saya hanya 11 hari. saya keliru. tolong berikan penjelasan ya ustaz.
    terima kasih.

  16. ustd saya mau tanya, istri setelah masa nifas 40 hari lebih, sudah suci selanjutnya keluar darah 2 x sehari tidak beraturan, apakah itu termasuk darah istihadoh atau haid. apakah boleh saya boleh berhubungan intim jika kondisi istri seperti. sukron

  17. Assalamu’alaykum.. Saya biasa keluar haidh pertama dengan kondisi darah coklat pekat setelah itu terlihat merah kehitaman. Tapi haidh kali ini seperti bercak coklat bening sejak pagi sampe sore dan belum berubah ke merah. Apakah itu darah haidh, Ustadz?
    Jazakallah atas jawabannya

  18. saya mw tanya..saat ini saya lagi isi satu bulan (hamil) tp keluar bercak darah coklat..saia periksa ternyata kt dokter karena kecapean dn hrus bnyk istirahat..apa saia masih boleh slt atau engga??

  19. Assalamualaikum ustadzah…. (sy seorang gadis usia 25 thn)
    Jika haid saya lebih dari 15 hari apakah setelah 15 hari itu dikatakan ukan darah haid? apkah sy bisa shalat, puasa n membaca al-qur’an? Keadaan ini sdh sy alami kurang lebih selama 2 tahun, apalagi jika saya banyak pikiran n sdh 2 thn ini juga haid sy tidak lagi berwarna merah segar tetapi berwarna hitam pekat. Bulan november 2010, keluar darah berwarna hitam selama kurang lebuih 2 minggu setelah itu keluar darah brwarna merah selama seminggu setelah itu keluar lagi darah berwarna hitam selama 1 minggu tapi hanya berupa bercak2 kehitaman. 3 minggu berselang (bln desember=saat ini) sy sdh haid lagi keluar darah berwarna hitam n sdh berlangsung seminggu kadang banyak kadang hanya berupa bercak2 saja bahkan sy tidak perlu memakai pembalut.
    Mohon penjelasan atas kondisi saya… Kapan saya dikatakan saya dalam keadaan haid n kapan tidak..
    Jazakillah ustadz…

  20. saya remaja berusia 16 th. akhir akhir ini saya mengalami kelainan haid , dalam sebulan saya bisa haid sampai 2-3 kali dalam kurun waktu 5-7 hari haid. sejak umur 14 tahun saya sudah mengalami berbagai masalah masalah haid . terkadang juga saya bisa tidak haid sampai 3 bulan .
    tolong berikan penjelasannya

  21. karena punya penyakit kista, haid jadi tidak teratur.
    sudah satu bulan ini, saya setiap hari selalu mengeluarkan darah berwarna kecoklatan.
    apakah saya diperbolehkan sholat dan jika diperbolehkan apakah setiap mau sholat harus mandi besar??

  22. ass.pak ust mf mo nanya kalo seorang wanita yg baru 2 bulan melahirkan ikut KB pil trus haidnya sudah lebih dari 15 hari sedangkan normal saya sebelum melahirkan haidnya 7 hari.apakah termasuk haid atau istiadhah?blehkah saya sholat?.

  23. as.wr saya ingin tanya.saya sudah tidak pernah haid lagi semenjak anak saya berumur 2 bulan,sekarang anak saya sudah berumur 1th,6bln.saya ingin tau apakah ini penyakit atau bukan.

  24. assalamu’alaikum
    ustadzah saya punya kebiasaan haid selama 7 hari, jika ada bercak coklat setelah pada hari ke 8, apakah darah tersebut masih termasuk dalam darah haid?…akan tetapi bercak yang saya dapati itu tidak bau,,dan keluar jika saya telah beraktivitas seperti jalan kaki, terimakasih…

  25. Asw. ustadh mau tanya. sejak usia 40 th kemarin haid yang semula teratur, 5-6 hari, mulai usia 40 menjadi tidak teratur dan panjang sampai 10 hari. malah mulai 41 kemarin, menjadi makin tidak teratur kadang 2 bulan tidak haid, bulan berikutnya haid sampai 15 hari. Permasalahan, setelah 1,5 bulan tidak haid, tanggal 20 sampai 25 juli keluar darah merah muda tipis, selama 6 hari itu keluar tidak teratur, kadang sehari bersih, keluar merah muda lagi. Kemudian setelah bersih 6 hari, tanggal 2 agustus sampai 7 agustus(6 hari) keluar darah hitam, agak banyak seperti darah haid. kemudian setelah 2 hari bersih, tanggal 10 kemarin keluar lagi darah hitam agak bergumpal sampai sekarang. Bagaimana saya harus menyikapi terhadap darah ini, berkenaan dengan solat dan puasa Ramadhan. terima kasih. Wassalam

  26. hari pertama saya terkena haid,darah haid saya berwarna coklat tua kadang merah segar dan kadang merah tua ..
    apakah itu normal ? apa itu bukan haid ?
    terima kasih

  27. Saya haid bermula pada 27/7-2/8 iaitu selama tujuh hari… Kemudian pada 15/8, keluar darah kembali… Adakah itu dikira istihadhah?

    Contoh yang lebih jelas, 3/8 adalah hari suci sehingga 17/8… Tempoh haid adalah 15 hari… Saya keliru… Adakah itu haid atau istihadhah pada hari 15/8?

  28. ass…
    permasalahan saya adalah…
    saya sering mengalami yg nma’a keputihan dri yg wrna putih,kuning sampai hijau.dan sekarang sudah hampir seminggu saya mengalami seperti kecoklatan.saya tidak yakin itu kecoklatan.kan biasanya kecoklatan keluar sesudah haid.jadi karna saya tidak yakin,saya tidak sholat.takut kalu itu termasuk najis. mohon bantuannya

  29. Hendaknya dilihat kebiasaan haidnya, apa saat mengalami seperti kecoklatan itu bersamaan dengan tanggal haidnya atau tidak, apa kecoklatannya itu sama dengan darah haidnya atau tidak. Jika memang kecoklatannya itu keluar di saat tanggal biasa mengalami haid dan sama dengan darah haid maka itu memang haid dan tidak boleh sholat, tapi jika di luar tanggal kebiasaan haid dan tidak sama dengan darah haid maka tetap wajib shalat saat itu. Wallahu A’lam.

    Untuk mengatasi keputihan yang sudah parah (warnanya sampai hijau) sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter kandungan.

  30. bismillah, ust ana mau tanya. haid sy teratur tiap blnnya tp bilan ini mundur 2 hari dan darah yang keluar tidak berwarna merah tapi berwarna coklat tua dan kental juga tdk bau anyir…, apakah msh bs disebut darah haid?

  31. mau tanya,,,umur ku msh 15 thn tp haid g teratur,trs cman 2/3 blan sekali keluarnya. dan klo kluar darahnya cman sedikit dan warnanya kecokelatan. ap itu masih normal ???

  32. Assalamu’alaikum warohmatullahi Wabarokatuh
    Ustad, saya mau tanya
    gini, biasanya siklus bulanan sy normal 30 hari, dg lama 8-10 hari.
    tapi sy dulu pernah mens 2 kali dlm sebulan saat menyiapkan pernikahan, sy fikir karena hormonal yg dipengaruhi fikiran, jadi mensnya datang sebelum waktunya, saat itu sy tidak sholat.
    trus sekarang ini,sdh 17 hari sy mens, sampek sekarang belum berhenti juga.sy fikir karena banyak fikiran.
    adaptasi dg situasi baru, dimana sekarang sy kuliah lagi di kota M, trus kerja di tempat L, dan pulang kerumah suami di Kota S. jadi selama ini sy belum sholat lagi karena blm bersih.
    bagaimana ustad? klo darahnya sih, pd minggu pertama darahnya coklat tp dikit banget, tus minggu ke 2 dah mulai sedikit banyak, sekarang setelah sy minum soda, daranya lumayan juga. tapi karakteristiknya memang sama dengan darah haid. coklat gitu.
    bgmn ustad?kapan sy mulai sholat lagi.
    pengen segera sholat, tapi rasanya g nyaman klo sholat masih keluar darah mens. kayak g yakin.
    apa tiap mau sholat,sy mandi besar dulu? trus dijamak sholatnya?
    Jazakumullah khoiron katsir

  33. Perbedaan Darah haid, nifas dan darah istihadah?

    Haidh adalah darah yang sudah dikenal dikalangan wanita dan tidak ada batasan minimal dan maksimalnya dalam syara’ (syariat kita). Ketentuannya kembali kepada kebiasaan masing-masing orang.

    Adapun nifas adalah darah yang keluar karena melahirkan, dan ada batas maksimalnya yaitu empat puluh hari. Jika berhenti sebelum empat puluh hari maka wajib baginya untuk mandi dan melaksanakan shalat.

    Adapun darah istihadhah (penyakit) : Darah yang keluar diluar waktu haidh dan nifas atau bersambung setelah haidh dan nifas. Maka wajib bagi seseorang yang mengalaminya untuk tetap melaksanakan shalat, puasa pada bulan Ramadhan dan boleh baginya melakukan hubungan suami istri.

    Konsekuensi hukum masing-masing darah:

    1. Dari sisi najis dan tidaknya

    * Darah haid dan nifas hukumnya najis menurut kesepakatan para ulama.

    * Adapun darah istihadah tidak najis.

    2. Dari sisi kewajiban shalat, shaum (puasa) Ramadhan dan tidaknya

    * Wanita yang sedang haid dan nifas tidak boleh sholat, puasa dan melakukan hubungan suami istri. Tidak ada qada’ dalam shalat dan wajib baginya menqada shaum (puasa) Ramadhan sebanyak puasa yang ia tinggalkan.

    * Adapun wanita yang mengalami istihadah maka tetap wajib baginya shalat, puasa dan boleh melakukan hubungan suami istri. Wajib baginya berwudhu setiap kali mau shalat (ketika sudah masuk waktu shalat).

    3. Dari sisi boleh tidaknya melakukan hubungan suami istri (jima’) :

    * Untuk darah haid dan nifas hukumnya haram tidak boleh. Dibawah ini beberapa kondisi seseorang berhubungan suami istri ketika haidh

    1. Jika seseorang menyakini kebolehannya berhubungan (menjimai) istrinya ketika sedang haid maka hal ini adalah bentuk kermurtadan dari agama.
    2. Kalau dia melakukan hubungan suami istri ketika haid dengan tidak menyakini kebolehannya maka dia telah melakukan perbuatan dosa yang sangat besar.

    * Berhubungan suami istri (jima’) ketika mengalami darah istihadah boleh hukumnya

    4. Kewajiban bagi orang yang melakukan hubungan suami istri ketika haid

    * Pertama : Kewajiban dia adalah bertaubat kepada Allah dengan taubatan nasuha (sebenarnya) dengan meninggalkan maksiat tersebut, menyesalinya dan berazam untuk tidak mengulanginya selama-lamanya.

    * Kedua : Dan menurut pendapat yang kami cenderung kepadanya wajib bagi dirinya membayar kafarah, hal ini berdasarkan dalam sebuah hadits ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang orang yang mendatangi istrinya ketika haidh, beliau bersabda : “Hendaklah ia bershadaqah satu dinar atau separuh dinar.” (HR. Ibnu Majah, Nasa’ai dan hadits ini dishahihkan oleh Syaikh al-Albani)

    Plihan dalam hadits diatas satu dinar jika ia menggauli istrinya diawal-awal keluar darah haid, jika mengauli istrinya dia akhir-akhir darah haid setengah dinar, sebagimana datang sebuah atsar yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas secara Mauquf.

    5. dari sisi perbedaan sifat darah haid dan istihadhah :

    * Dari sisi warna : Darah haidh berwarna hitam sedang darah istihadah berwarna merah
    * Dari sisi tebal dan tipisnya : Darah haidh tebal adapun darah istihadah tipis
    * Dari sisi bau dan tidaknya : Darah haidh baunya busuk sedangkan darah isthihadah tidak, karena darah biasa.
    * Dari sisi menjadi kental/beku dan tidaknya: Darah haidh tidak membeku apabila keluar dikarenakan darah haid membeku didalam rahim, kemudian keluar dan mengalir tidak kembali untuk kedua kalinya menjadi beku. Adapun darah istihadah membeku.

    Ditulis oleh Abu Ibrahim Abdullah al-Jakarty
    Sumber: tauhiddansyirik.wordpress.com/2011/10/06/perbedaan-darah-haid-nifas-dan-darah-istihadah/

  34. sy sdh haid lbh dari 2 bulan, sedikit, flek, dan berbau.. apkh sy blh shlt?? umr 20 th, sdh mnkh, dn pnya ank 1 umr 6 bln

  35. maaf sya mau tnya,knp y sya sudah telat 2 bulan.bulan2 kmrn sering telat tetapi baru bulan ini telat 2 bulan,kalau bulan kemarin telatnya 1 bulan,knp y?tolong bls y..terimakasih..

  36. Datang bulan tidak teratur merupakan suatu hal yang wajar mengingat penyebabnya pun amat beragam. Antara lain, perubahan berat badan, pola hidup, serta obat-obatan.

    kuliahbidan.wordpress.com/2008/07/26/aneka-penyebab-telat-haid/

  37. assalamualaikum ustad . saya mau tanya , saya terbiasa keputihan atau keluar lendir bening setiap harinya , sudah 2 hari ini saya menemukan bercak darah pada pakaian dalam yg saya pakai ketika buang air kecil . padahal saya sudah selesai menstruasi dari seminggu yg lalu , yg saya tanyakan apakah saya masih bisa solat dalam keadaan tsb walaupun saya tdk mandi ?

  38. Wa’alaykumussalam warohmatullah wabarokatuh. Ana bukan ustadz. Karena haidnya telah selesai maka bercak darah itu termasuk istihadhah dan tidak perlu mandi saat akan mengerjakan shalat.

  39. ass, mau bertanya jika masih keluar cairan berwarna coklat tipis pada hari ke 8 saat haid. apakah tidak apa-apa jika saya bersuci kemudian sholat atau berpuasa..
    terima kasih.

  40. Assalamualaikum, , , saya mau tanya? Haid saya tdk teratur kadang mundur 5hr tpi skrang mundur suda 9hr tpi saya keluar semacam keputhan tapi warnanya agak kecoklatan apakah saya wajib sholat?? Cha2

    • Wa’alaykumussalam warohmatullah wabarokatuh.

      dari sisi perbedaan sifat darah haid dan istihadhah :

      * Dari sisi warna : Darah haidh berwarna hitam sedang darah istihadah berwarna merah
      * Dari sisi tebal dan tipisnya : Darah haidh tebal adapun darah istihadah tipis
      * Dari sisi bau dan tidaknya : Darah haidh baunya busuk sedangkan darah isthihadah tidak, karena darah biasa.
      * Dari sisi menjadi kental/beku dan tidaknya: Darah haidh tidak membeku apabila keluar dikarenakan darah haid membeku didalam rahim, kemudian keluar dan mengalir tidak kembali untuk kedua kalinya menjadi beku. Adapun darah istihadah membeku.

      Jika sifat cairan yang keluar seperti darah haid maka tidak wajib shalat dan puasa.
      Jika sifat cairan yang keluar seperti darah istihadhah maka wajib shalat dan puasa.
      Wallahu A’lam.

  41. Assalamu’alaikum ustadz, saya mau tanya. saya dari pertama kali dapat haid sudah tidak teratur. kadang 2x dlm 1 bulan kadang 1 buan tidak haid. tgl 9 juni 2012 saya dpt haid warna merah seperti haid biasanya, tgl 6 juli saya keluar flek cokelat muda trs gak keluar lg kemudian bbrp hari lg keluar lg trs gak keluar lg sampai berkali2 seperti itu. tgl 21 juli saya dapat haid selama 7 hari dan selesai tanggal 30 juli. tp tgl 4 agustus kmrn sy keluar flek selama 2 hr setelah itu berhenti. tapi kmrn keluar flek terang dan kali ini warnanya cokelat agak gelap. sekarang kelur jg tp sudah agak berkurang. yang saya tanyakan bagaimana dengan puasa dan sholat saya apakah boleh puasa dan sholat atau tidak ya?terimakasih atas jawaban ustadz. mohon di balas ya ustadz

  42. saya sudah haid, tapi darah nya cuman keluar sedikit.
    Dan saya bersih nya tidak sampai 7 hari, cuman hanya 4 hari.

    Saya mau bertanya.
    apa penyebab saya itu ustadz?

    apakah saya it hamil ustadz??

    • Ana bukanlah ustadz, jika ingin bertanya langsung ke ustadz silakan kunjungi blognya al-atsariyyah.com
      Untuk mengetahui hamil tidaknya bisa di coba pake test kehamilan atau kunjungi bidan/dokter kandungan.

  43. Ping-balik: Yang Dijadikan Patokan Saat Kebiasaan Haid Berubah « Beranda Hanifatunnisaa·

  44. Assalamualaikum…
    saya ingin bertanya…jika kita misalkan saja mengalami menstruasi pada tanggal 1-6…kemudian suci…akan tetapi pada tanggal 16 ternyata keluar darah seperti bercak kecoklatan yang tidak terlalu encer seperti bercak darah saat hari-hari terakhir menstruasi, apakah darah tersebut termasuk ke dalam darah haid atau termasuk istihadhoh…bagaimana hukumnya bagi sholat dan puasa yang kita kerjakan…

    • Wa’alaykumussalam warohmatullah wabarokatuh.

      Berikut jawaban Ustadz Sofyan atas pertanyaan semisal di blognya:
      Al-Imam Asy-Syaukani rahimahullah dalam matannya Ad-Durarul Bahiyyah mengatakan: “Tidak ada dalil yang bisa dijadikan hujjah dalam penentuan minimal dan maksimal lamanya wanita haid, demikian pula masa suci”, dalam syarahnya kata beliau, semua dalil mauquf (tidak sampai kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam), ataupun marfu’ (sampai kepada beliau) namun tidak shahih (lihat Ad-Darory Al-Mudhiyyah, hal. 48)

      Solusinya adalah, lihat tanda-tandanya, jika yang keluar bukan lagi darah haid (yang berwarna hitam, kental dan bau), berarti dia telah suci, karena yang keluar bukan lagi darah haid tapi darah istihadhah, maka wajib baginya untuk berpuasa dan sholat. Dan jika seorang wanita tidak bisa membedakan antara darah haid dan istihadhah (tapi ini jarang), maka kembali kepada adat kebiasan lama haidnya sebelumnya. Wallahu A’lam.

      Sumber: http://nasihatonline.wordpress.com/tanya-jawab/

      Tambahan faidah:
      Dijawab oleh Ustadzah Ummu Ahmad Fathimah:

      Ada 3 jawaban:

      @ klo ummu punya kebiasaan waktu bersih yang tetap maka itu yang dijadikan patokan, jadi setelahnya hanya flek biasa sehingga tetap shalat, maksudnya kalau terjadi di hari kebiasaan haid maka itu haid, jika tidak maka bukan/flek biasa

      @ klo ga punya kebiasaan tapi bisa membedakan darah haid dan biasa maka itu yang jadi patokan

      @ g bisa kedua-duanya, maka disamakan waktunya dengan saudaranya

      Sumber: http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2012/10/02/yang-dijadikan-patokan-saat-kebiasaan-haid-berubah/

  45. salam….SAYA BERUMUR 19 TAHUN…KEBELAKANGAN INI SAYA SERING KELUAR CAIRAN BERWARNA COKLAT DALAM KUANTITI YANG SEDIKIT DAN TIDAK MENENTU WAKTUNYA…ADAKAH INI HAID ATAU TIDAK….SAYA BOLEH SOLAT ATAU TIDAK….HARAP BALAS…TERIMA KASIH

  46. Ping-balik: Istihadhah dan Hukum-Hukumnya | Beranda Ummu Aisyah·

  47. assalamungalaikum..saya mau tanya..saya haid sejak tanggal 1 na pda tgl 7 sudah g da darah yg keluar,trs saya mandi..ketika saya selesai berhubungan ternyata darah keluar lagi…mpe sekarang kluar sdikit tp bukan darah melainkan cairan berwarna coklat..itupun sedikit mungkin 1 kali sehari keluar…pertanyaannya..apakah itu termasuk haid ato gimana ya soale mo sholat juga bingung…trimakasih…

    • Wa’alaykumussalam warohmatullah wabarokatuh.
      Jika kebiasaan haidnya memang 7 hari dan tekstur/aroma darahnya tidak seperti darah haid, insyaAllah itu hanyalah darah istihadhah. Jadi tetap bisa shalat dan puasa. Wallahu a’lam.

        • Iya, sebagai tambahan faidah berikut ana lampirkan jawaban ustadz atas pertanyaan sejenis.

          Hukum Flek (Darah) Setelah Haid

          Tanya:
          Saya mengalami flek setelah masa haid, kira-kira 10 setelah selesai haid, flek itu keluar, yang saya alami sudah hampir 3 hari, selama flek ini keluar saya tidak menjalani ibadah shalat karena saya takut kalu itu menjadi dosa bagi saya. saya kurang faham dengan masalah ini, jadi yang saya mau tanyakan bagaimana hukum shalat bagi orang yang dalam keadaan keuar flek? terima kasih
          Muliana [uliel_107@yahoo.com]

          Jawab:
          Jika masa haid biasanya telah berlalu dan masa haidnya ini masih normal dan berlangsung setiap bulan sebagaimana biasanya, maka semua darah dan flek yang keluar setelahnya bukanlah dihukumi haid sehingga tidak berlaku padanya hukum-hukum haid.

          Karenanya dia tetap wajib untuk shalat dan berpuasa dan jangan dia tinggalkan karena adanya flek seperti itu. Satu hal yang sudah pasti bahwa shalat itu wajib, sementara keluarnya flek ini adalah masalah yang masih diragukan apakah dia haid atau bukan. Dan seorang muslim tidak boleh meninggalkan suatu kewajiban yang pasti hanya gara-gara sesuatu yang masih diragukan keberadaannya.

          Sumber: http://al-atsariyyah.com/hukum-flek-darah-setelah-haid.html

  48. ustad, kalau haid saya keluarnya tidak teratur, kadang seminggu sekali keluar selama 3 hari,setelah itu berhenti,dan seminggu lagi keluar lagi sedikit,bagaimana menghitung masa suci saya? jazakumullahkhairon katsir

  49. assalamu’alaikum ..
    saya masih remaja ,biasanya kalau haid itu lama sekali hingga -+10 hari tapi biasanya pada hari setelah ke-7 hanya ada bercak-bercaknya saja . apa boleh melakukan sholat & puasa ?
    terimakasih sebelumnya

    • Wa’alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh.
      Silahkan dibaca fatwa ulama yang terdapat pada artikel di bawah ini:
      http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2012/08/14/beberapa-permasalahan-yang-terjadi-pada-wanita-haid/
      http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2013/03/30/cairan-kuning-setelah-masa-haid/
      http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2013/05/06/hukum-cairan-berwarna-kuning-atau-keruh-yang-keluar-sebelumsesudah-masa-haid/

      Cuplikannya:
      Warna kuning dan warna keruh.

      Dimana setiap wanita melihat darah tersebut berwarna kuning seperti cairan dari luka, tercampur antara warna kuning dan hitam. Hal yang demikian jika terjadi dalam massa haid atau bersambung dengan dengan massa haid sebelum suci, maka di hukumi sebagai darah haid. Adapun jika hal itu terjadi sesudah massa masuk suci maka bukan darah haid. Berdasarkan perkataan Ummu ‘Athiyyah :

      “kami tidak memperhitungkan warna kuning dan keruh sesudah massa suci (sebagai darah haid)”

      Berkata dalam pensyarahnya di dalam Fathul Bahri :

      “beliau mengisyaratkan dengan tarjamah tersebut untuk men-jama’ (mengompromikan) antara hadist ‘Aisysah yang telah lalu yakni ucapan beliau :

      “sampai kalian melihat cairan yang berwarna kuning”.

      Dengan haidst Ummu ‘Athiyah yang disebutkan dalam bab tersebut, bahwa hadits ‘Aisyah dibawa kepada keadaan jika wanita tersebut melihat warna kuning atau keruh itu pada hari – hari haidnya, adapun jika terjadi di luar hari – hari haid maka berlaku padanya ucapan Ummu ‘Athiyah.”

      Dan ketika para wanita mengutus seorang utusan untuk mendatangi ‘Aisyah dengan membawa durja (sesuatu yang digunakan oleh wanita untuk mengetahui masih adanya atsar (sisa-sisa) haid), di dalamnya berisi kapas yang dengan cairan berwarna kuning ‘Aisyah berkata :

      “jangan kalian tergesa – gesa (untuk bersuci) sampai kalian melihat al – Qashshatul baidha” [Shahih Al Bukhari, Kitabul Haidh no.19]

      Al qashshatul baidha adalah cairan yang bening yang dikeluarkan oleh rahim di saat terputusnya (selesainya) haid.

    • Cairan Kuning Sebelum Haid
      Fadhilatusy Syaikh ditanya tentang cairan kuning yang keluar dari kemaluan wanita dua hari sebelum haidnya?
      Beliau menjawab:
      Jika cairan tersebut keluarnya sebelum haid maka tidak dinilai apa-apa (bukan termasuk haid) berdasarkan perkataan Ummu ‘Athiyah:
      “Kami tidak memperhitungkan apa-apa warna kuning dan keruh.” (HR.Al-Bukhari)
      Dalam riwayat Abu Dawud:
      “Kami tidak memperhitungkan warna kuning dan keruh sesudah masa suci (sebagai darah haid).”
      Jika cairan kuning ini sebelum haid kemudian terpisah dari haid maka bukan termasuk haid. Adapun jika dia mengetahuinya bahwa cairan tersebut sebagai pembuka haidnya maka dia berhenti dari shalat dan puasanya hingga dia bersih kembali.
      Cairan Keruh Sebelum Haid
      Fadhilatusy Syaikh ditanya tentang seorang wanita keluar dari kemaluannya cairan berwarna keruh sebelum masa haidnya. Diapun meninggalkan shalat. Kemudian keluar darh seperti biasanya. Bagaimana hukum shalat yang dia tinggalkan?
      Beliau menjawab:
      Ummu ‘Athiyah berkata:
      “Kami tidak memperhitungkan warna kuning dan keruh sesudah masa suci (sebagai darah haid).”
      Dengan dasar ini cairan keruh yang mendahului haidnya tersebut tidak jelas bagiku sebagai darah haid. Lebih-lebih jika munculnya sebelum hari-hari biasa mengalami haid dan tidak ada tanda-tanda haidnya seperti mules, sakit punggung dan yang lainnya. Yang lebih utama dia mengqadha shalat yang dia tinggalkan selama waktu tersebut.
      Cairan Kuning/Keruh Setelah Masa Haid
      Fadhilatusy Syaikh ditanya tentang cairan berwarna kuning dan keruh yang keluar setelah masa suci?
      Beliau menjawab:
      Permasalahan-permasalahan yang muncul pada wanita dalam permasalahan haid seperti laut yang tidak bertepi. Diantara sebab munculnya berbagai masalah tersebut adalah penggunaan pil-pil pencegah kehamilan ataupun pencegah haid. Manusia sebelum mengenal obat-obat semacam itu tidaklah mengalami masalah yang demikian banyak dan beragam. Benar bahwa masalah itu terus ada sejak diciptakannya wanita, akan tetapi munculnya masalah yang demikian banyak yang membuat bingung manusia dalam mencari pemecahannya. Ini adalah perkara yang sangat disesalkan.
      Akan tetapi, kaidah umum menyatakan bahwa seorang wanita jika suci dan dia melihat tanda kesucian yang meyakinkan pada haidnya, yakni keluarnya al-qashshatul baidha, cairan bening yang dikenal oleh para wanita, maka cairan yang keluar sesudah masa suci tersebut baik yang berwarna kuning atau keruh atau bercak ataupun basah bukan karena haid. Cairan tersebut tidak menghalanginya dari shalat, puasa dan dari suaminya untuk menggaulinya karena bukan darah haid.
      Ummu ‘Athiyah berkata:
      “Kami tidak memperhitungkan apa-apa warna kuning dan keruh.” (HR.Al-Bukhari)
      Dalam riwayat Abu Dawud dengan tambahan:
      (sesudah suci). Sanadnya shahih.
      Dengan dasar itu kami katakan: setiap apa saja yang keluar sesudah masa suci yang meyakinkan maka tidak menjadi gangguan bagi wanita, serta tidak menghalanginya dari shalat, puasa dan jima’. Akan tetapi wajib baginya agar jangan tergesa-gesa sampai betul-betul dia melihat bahwa dirinya sudah suci, karena sebagian wanita jika darahnya sudah kering bersegera mandi sebelum dia melihat dirinya betul-betul suci. Oleh karena itu para wanita sahabat pernah mengirim utusan dengan membawa kursuf (kapas) yang padanya ada darah. ‘Aisyah mengatakan agar mereka jangan tergesa-gesa sampai melihat al-qashshatul baidha.
      SALAFY.OR.ID
      ( diambil dari buku Problema Darah Wanita, Ash Shaf Media)

      • Trmksh bnyk ats jwbn’a .
        Tetapi, sya bru haid umur sya 12 thn . Jdi sya msh bngung, antara darah haid apa bkn . Skrg sya sdng keluar bercak2 , apakah sya tdk boleh shalat ??

          • 12 thn, lupa sdh brp kli. Tpi , pas sya kls 6 sy sdh prnh haid. Shbs itu sya tdk prnh haid lgi, bru skrg sya haid lgi ..
            Iyaa, tp nnti lma kelamaan jg wrna merah .

            • Dr mncul bercak smp bersih berapa lm waktunya? Klo bercaknya mncul pd hari-hari kebiasaan haid itu termasuk darah haid dan tdk boleh shalat n puasa saat itu. Kalau bercakny muncul d luar hari kebiasaan haid mka itu termasuk istihadhah n boleh shalat n puasa saat itu. Jika tdk mempunyai kebiasaan haid yg tetap coba bedakan antara karakteristik darah haid dg darah istihadhah (cara membedakannya bisa dibaca di komentar2 sebelumnya). Jika belum bisa membedakan antara darah haid dg darah istihadhah tanyakan kebiasaan haid ibu atw saudari untuk djadikan acuan. Wallahu a’lam.

  50. ustad,, saya mau nanya,, kemarin saya haid ud 7 hari lebih.. terus 2hari ga keluar darah lagi,, malamnya saya berhubungan,,, ternyata masih keluar darah padahal uda 2 hari ga lagi kelur.. gimana hukumnya ustad??????

    • Maaf Saya bukan ustadz, jika ingin bertanya pada Ustadz silahkan kunjungi: http://tanyajawabringkas.blogspot.com/

      Berikut saya nukilkan potongan artikel dari http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2012/08/14/beberapa-permasalahan-yang-terjadi-pada-wanita-haid/

      4.Terputusnya – putusnya haid.

      Dalam hal ini terbagi menjadi dua keadaan , yaitu :

      a.keadaan yang pertama: terjadi pada seorang wanita sepanjang waktu. Maka darah yang seperti itu adalah darah istihadhah, sehingga berlaku padanya hukum wanita yang mengalami istihadhah.

      b.keadaan yang kedua : tidak terus menerus yang di alami oleh seorang wanita, sehingga di memiliki massa suci yang benar – benar. Terjadi khilaf di kalangan ulama dalam menghukumi sebagai massa tidak munculnya darah tersebut, apakah dihukumi sebagai massa suci ataukah diberlakukan padanya hukum haid?

      Mahzab Asy Syafi’i di antara dua pendapat yang paling shahihnya mengatakan : bahwa diberlakukan hukum – hukum haid pada kondisi tidak munculnya darah tersebut. ini pendapat yang dipilih oleh Asy Syaikhul Islam Ibnu Tamiyah.

      Alasanya , karena Al Qashshatul baidha tidak terlihat dalam darah tersebut. Alasan kedua, jika kondisi itu dianggap suci berarti yang sebelumnya dan yang sesudahnya dianggap haid, dan tidak ada yang mengatakan demikian. Jika tidak niscaya akan selesai massa ‘iddahnya hanya dalam tempo lima hari saja.

      Adapun yang masyhur dari mahzab hanabilah : bahwa darah yang keluar tersebut dihukumi haid, sedangkan ketika tidak keluar dihukumi suci, kecuali jika ternyata jumlah keseluruhan hari-hari terjadi kondisi seperti itu melebihi (kebiasaan) massa haidnya, maka di luar hari – hari tersebut dihukumi sebagai darah istihadhah.

  51. Assalamu’alaikum
    saya mw brtnya,usia sy 24th,sy punya 1 ank usia 5th.sy br 7 blm brnti KB dan ingn prgrm pnya ank.suami krj di luar kota,skrg sy sdh tlat haid 1 bln lbh,pdhl saat suami prg ke luar kota sy lgsg haid 10 hr dan sbln kmudian dia dtg sy blm jg haid.sminggu stlh brhbngan dia prg lg dan sy mraskan nyeri yg ckp hebat di rahim saat buang air kecil shngga air seni tidak lncr,di tandai pula dgn kluarnya lendir brwrna coklat pekat slma 3 hr nmn tdk trlalu bnyk hnya bbrpa tetes stiap hr,stlh itu br air seni lncr dan nyerinya berangsur hlg.kira2 ap yg trjdi dgn sy.mhn pnjlsnnya,trmks
    wassalamu’alaikum

  52. Assalamu’alaikum
    saya mw brtnya,usia sy 24th,sy punya 1 ank usia 5th.sy br 7 bln brnti KB dan ingn prgrm pnya ank.suami krj di luar kota,skrg sy sdh tlat haid 1 bln lbh,pdhl saat suami prg ke luar kota sy lgsg haid 10 hr dan sbln kmudian dia dtg sy blm jg haid.sminggu stlh brhbngan dia prg lg dan sy mraskan nyeri yg ckp hebat di rahim saat buang air kecil shngga air seni tidak lncr,di tandai pula dgn kluarnya lendir brwrna coklat pekat slma 3 hr nmn tdk trlalu bnyk hnya bbrpa tetes stiap hr,stlh itu br air seni lncr dan nyerinya berangsur hlg.kira2 ap yg trjdi dgn sy.mhn pnjlsnnya,trmks
    wassalamu’alaikum

  53. assalamu*alaikum wr. wb (warohmatullahi wabarokatuh)
    . saya mau bertanya stelah saya mlahirkan ank pertma sya tdk mengalami haid smpai skrang ank saya umur 20buln. itu knpa ya?

  54. Assalamualaikum. Pada akhir masa haid sy biasanya muncul bercak2 coklat kmudian lama2 smakin terang hingga brwarna kuning keruh stelah itu bnar2 hilang, smakin lma jeda munculny bercak tsb jg smkin jauh dan sdikit. Biasany skitar hr ke 9 br bnr2 bersih. Misalny hr k 5 brwrna merah dan byk, ke 6 dan 7 kcokltn agk sdikit, hr k 8 pgi ada brcak kcoklatan sdkit stlh itu brhnti, kmudian ada brcak kuning mncul siangny, stlh itu brhenti, kmudian mlm hr baru muncul brcak kuning terang, stlh itu tdk muncul lg. Apkah bercak kuning trsebut msh trmsuk haid? Setelah stengah hr brcak kning tsb tdk mncul lg kmudian sy mandi besar dan sholat, tp brcak kuning muncul lg, sy takut menunggu trlalu lama smpai brcak2 kuning tsb bnr2 hilang, tkt kalau mlewatkn sholat pdhl sdh suci, tp stlh itu mncul lg dan sy mandi bsr lg. Jd biasanya sya bisa mandi wajib berkali2 krna ragu. Bgmn hukumnya jika mngira tlh slsai haid pdhl blm kmudian shlt, dan bgmn hkumnya jika mengira blm slesai haid pdhl sdh dan tdk sholat? Terima kasih

    • Wa’alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh

      Hendaknya tidak tergesa-gesa sampai nampak cairan yang bening sebagai tanda selesainya haid.
      Berikut saya nukilkan potongan artikel dari http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2012/08/14/beberapa-permasalahan-yang-terjadi-pada-wanita-haid/

      3. Warna kuning dan warna keruh.

      Dimana setiap wanita melihat darah tersebut berwarna kuning seperti cairan dari luka, tercampur antara warna kuning dan hitam. Hal yang demikian jika terjadi dalam massa haid atau bersambung dengan dengan massa haid sebelum suci, maka di hukumi sebagai darah haid. Adapun jika hal itu terjadi sesudah massa masuk suci maka bukan darah haid. Berdasarkan perkataan Ummu ‘Athiyyah :

      “kami tidak memperhitungkan warna kuning dan keruh sesudah massa suci (sebagai darah haid)”

      Berkata dalam pensyarahnya di dalam Fathul Bahri :

      “beliau mengisyaratkan dengan tarjamah tersebut untuk men-jama’ (mengompromikan) antara hadist ‘Aisysah yang telah lalu yakni ucapan beliau :

      “sampai kalian melihat cairan yang berwarna kuning”.

      Dengan haidst Ummu ‘Athiyah yang disebutkan dalam bab tersebut, bahwa hadits ‘Aisyah dibawa kepada keadaan jika wanita tersebut melihat warna kuning atau keruh itu pada hari – hari haidnya, adapun jika terjadi di luar hari – hari haid maka berlaku padanya ucapan Ummu ‘Athiyah.”

      Dan ketika para wanita mengutus seorang utusan untuk mendatangi ‘Aisyah dengan membawa durja (sesuatu yang digunakan oleh wanita untuk mengetahui masih adanya atsar (sisa-sisa) haid), di dalamnya berisi kapas yang dengan cairan berwarna kuning ‘Aisyah berkata :

      “jangan kalian tergesa – gesa (untuk bersuci) sampai kalian melihat al – Qashshatul baidha” [Shahih Al Bukhari, Kitabul Haidh no.19]

      Al qashshatul baidha adalah cairan yang bening yang dikeluarkan oleh rahim di saat terputusnya (selesainya) haid.

Tinggalkan Balasan

